Paragraf Induktif



Indikator:

Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf

Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama

Menuliskan kesimpulan paragraf induktif
Membaca Paragraf Induktif

Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa, ternyata Ali, Toto, Alex, dan Burhan mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat 7. Hanya Maman yang 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas 3 cukup pandai mengarang.
A.S. Broto (ed.)

Pengertian Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.

Ciri-ciri Paragraf Induktif

Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus

Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus

Kesimpulan terdapat di akhir paragraf

Menemukan Kalimat Utama, Gagasan Utama, Kalimat Penjelas
Kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf

Gagasan Utama terdapat pada kalimat utama

Kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama, yakni yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa khusus

Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama

Jenis Paragraf Induktif :

  • Generalisasi
  • Analogi
  • Klasifikasi
  • Perbandingan
  • Sebab akibat

1. Sebab akibat
2. Akibat sebab
3. Sebab akibat 1 akibat 2

Membaca Paragraf Generalisasi

Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa, ternyata Ali, toto, Alex, dan Burhan mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat 7. Hanya Maman yang 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas 3 cukup pandai mengarang.

A.S. Broto (ed.)

Pengertian Paragraf Generalisasi
General = umum

Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili

Membaca Paragraf Analogi
Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.

Lanjutan Contoh Paragraf Analogi
Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Pengertian Paragraf Analogi

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

Membaca Paragraf Sebab Akibat
Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

Pengertian Paragraf Sebab Akibat

Paragraf hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.
Membaca Paragraf Akibat Sebab
Hasil panen para petani di Desa Cikaret hampir setiap musim tidak memuaskan. Banyak tanaman yang mati sebelum berbuah karena diserang hama. Banyak pula tanaman yang tidak berhasil tumbuh dengan baik.
Bukan itu saja, pengairan pun tidak berjalan dengan lancar dan penataan letak tanaman tidak sesuai dengan aturannya. Semua itu merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan para petani dalam pengolahan pertanian.

Pengertian Paragraf Akibat Sebab

Paragraf hubungan akibat sebab adalah paragraf yang dimulai dengan fakta khusus yang menjadi akibat, kemudian fakta itu dianalisis untuk diambil kesimpulan.

Membaca Paragraf Sebab – Akibat 1 Akibat 2
Baru-baru ini petani Cimanuk gagal panen karena tanaman padi mereka diserang hama wereng. Peristiwa ini menelan kerugian ratusan juta rupiah. Selain itu, distribusi beras ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung terganggu.

Contoh Paragraf  Sebab Akibat 1 Akibat 2
Pasokan beras di pasar tradisional pun semakin lama semakin menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan impor beras dari negara tetangga dengan harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya selama menunggu hasil panen berikutnya.

Pengertian Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2

Dalam paragraf hubungan sebab akibat 1 akibat 2, suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat.

Contoh Soal-soal Paragraf Induktif
1. Setelah diadakan peninjauan ke Desa Pekayon Bekasi, diketahui persentase penggunaan listrik di RW 01 desa tersebut sebanyak 90%. Rumah penduduk yang telah menggunakan listrik, di RW 02 sebanyak 95%, RW 03 sebanyak 100%, dan RW 04 sebanyak 85%. Boleh dikatakan, di Desa Pekayon 92% rumah penduduk sudah menggunakan listrik.

Kalimat yang merupakan kesimpulan paragraf tersebut adalah …

a. Boleh dikatakan, di Desa Pekayon 92% rumah penduduk sudah menggunakan
listrik.

b. Setelah diadakan peninjauan, di Desa Pekayon diketahui penggunaan listrik
92%.

c. Rumah penduduk di RW 03 Desa Pekayon telah menggunakan listrik
sebanyak 100%.

d. Rumah penduduk di Desa Pekayon Bekasi pada umumnya sudah menggunakan listrik.

e. Listrik telah digunakan oleh penduduk Desa Pekayon Bekasi sebanyak 92%.

2. Gagasan utama paragraf tersebut adalah…

peninjauan listrik di Desa Pekayon
aliran listrik di lingkungan Desa Pekayon
penggunaan listrik di lingkungan penduduk
penggunaan listrik di rumah penduduk Pekayon
cara menggunakan listrik di Desa Pekayon

Contoh soal
3. Kalau Anda gemar fotografi, tentu Anda mengenal dengan baik cara kerja kamera. Pada dasarnya proses pembuatan foto yang dilakukan kamera sama dengan proses melihat pada mata. Pada mata, sinar yang yang dipantulkan oleh benda masuk melalui pupil. Kemudian dengan daya akomodasinya, lensa mengarahkan sinar itu agar tepat mengenai retina.

Retina gambar benda itu sudah ada, hanya tinggal dicetak di otak. Begitu pula, dengan kamera foto, sinar masuk melalui diafragma, dan difokuskan oleh lensa ke film. Gambar yang telah ditangkap film, kemudian dicetak di atas kertas. Baik kamera maupun mata tentu ada penciptanya dan sangat sayang terhadap ciptaannya.

Hal yang dibandingkan pada paragraf tersebut adalah…

a. fotografi dengan kamera
b. mata dengan kamera
c. melihat dengan memfoto
d. pupil dengan kamera
e. otak dengan lensa kamera

Lanjutan contoh soal
4. (1) Kalau Anda gemar fotografi, tentu Anda mengenal dengan baik cara kerja kamera. (2) Pada dasarnya proses pembuatan foto yang dilakukan kamera sama dengan proses melihat pada mata. (3) Pada mata, sinar yang yang dipantulkan oleh benda masuk melalui pupil. (4) Kemudian dengan daya akomodasinya, lensa mengarahkan sinar itu agar tepat mengenai retina.

(5) Retina gambar benda itu sudah ada, hanya tinggal dicetak di otak. (6) Begitu pula, dengan kamera foto, sinar masuk melalui diafragma, dan difokuskan oleh lensa ke film. (7) Gambar yang telah ditangkap film, kemudian dicetak di atas kertas. (8) Baik kamera maupun mata tentu ada penciptanya dan sangat sayang terhadap ciptaannya.

Kesimpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat … .

a. pertama
b. ketiga
c. kelima
d. ketujuh
e. kedelapan

5. (1) Sejak kecil aku gemar menari. (2) Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. (3) Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama murid-muridnya. (4) Di samping itu, ayah mengajariku tentang kesabaran dan disiplin dalam hal menari. (5) Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional.

Kalimat yang berupa akibat pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor…

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

6. (1) Sejak kecil aku gemar menari. (2) Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. (3) Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama murid-muridnya. (4) Di samping itu, ayah mengajariku tentang kesabaran dan disiplin dalam hal menari. (5) Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor …

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelimat

Beberapa hari dalam seminggu Bastian selalu bolos. Banyak pelajaran yang ketinggalan. Ketika ulangan ia tidak dapat mengerjakannya. Hasil ulangannya tentu jelek-jelek. Pada waktu menerima rapor nilainya banyak yang merah… .

Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

a. Karena itu, ia tidak naik kelas.
b. Maka, Bastian dijauhi temannya.
c. Jadi, ia sering keluyuran malam
d. Hal itu, menyebabkan ia tidak jera.
e. Perbuatan seperti itu harus dijauhi.

8. Pemerintah mendirikan sekolah sampai ke peloksok. Pusat kesehatan masyarakat diperbanyak. Lapangan kerja baru diciptakan. Pembangunan rumah ibadah dibantu. Memang menjadi tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat.
A.S. Broto (ed.)

Ide pokok paragraf tersebut adalah…

a. pendirian sekolah
b. perbanyakan puskesmas
c. penciptaan lapangan kerja
d. peningkatan kesejahtraan rakyat
e. pembangunan rumah ibadah

9. (1) Pemerintah mendirikan sekolah sampai ke peloksok. (2) Pusat kesehatan masyarakat diperbanyak. (3) Lapangan kerja baru diciptakan. (4) Pembangunan rumah ibadah dibantu. (5) Memang menjadi tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat.
A.S. Broto (ed.)

Kalimat yang berupa fakta umum terdapat
pada kalimat nomor …

a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

10. (1) Pemerintah mendirikan sekolah sampai ke peloksok. (2) Pusat kesehatan masyarakat diperbanyak. (3) Lapangan kerja baru diciptakan. (4) Pembangunan rumah ibadah dibantu. (5) Memang menjadi tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat.
A.S. Broto (ed.)

Kalimat yang berupa sebab terdapat
pada kalimat nomor … .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

About these ads

66 comments on “Paragraf Induktif

  1. Saya ingin bertanya: tolong dibahas tentang pengertian paragraf, syarat-syarat paragraf


    Reply:
    Terima kasih kawan Bambang IR, Sebenarnya sudah ada, hanya strukturnya acak-acakan. Sekarang sudah saya benahi. Semoga lebih mudah untuk dipahami.

  2. Mr,,, apa sic bedanya antara kalimat utama dengan gagasan utama????…………….
    saya koQ agak binunddddd………?
    thxxx…….

  3. sorry Mr,saya indak komen tapi tanya…..hheee
    habisX, blog Mr tow dah lengkap banged kalw mwnurut saya pribadi,yang saya cari ada di blig Mr cemwa……………..hohoho

  4. Makasih y pak buat paragraf induktifnya. ini sangat membantu sy yang kurang paham ttg paragraf generalisasi dan analogi

  5. assalam.

    Pa saya ingin brtanya nih
    dalam paragraf induktif akibat-sebab boleh ga kalau kalimat yg menjadi akibat ad 1 kalimat dan slanjutnya kalimat sebab” sbelum akibat yg trjadi sampai akhir paragraf??

  6. Maaf pak boleh tau artikel ini sumbernya dari buku apa ya? saya butuh untuk tugas akhir saya. trimakasih…

  7. JUAL>>CHAR RF ONLINE SERVER GALAXY,,FE
    JOB ASSAULTER LV 49,NICK ‘badwolves’
    PT BAGUS,,EQUIP & WEAPON LUMAYAN BGS
    KLO MINAT BISA LANGSUNG TELP 66600401
    DAERAH JAKARTA ONLY(LBH BAGUS KLO KTEMUAN)
    HARGA MULAI 400 REBU(NEGO)

  8. terima kasiehhh banyak bapak telah membantu tugas sekolah saya ….

    kebaikan bapak di balas dengan amal kebaikan bapak…..

    trims semoga bapak di lindungi dari mara bahaya

    asalamualaikum .wr.wb

  9. core Mr..
    tta mau contoh paragraf induktif.nya di banyakin,coz tta ada tugas nee..
    trus contoh.mya jangan menyangkut politik..
    heheheee
    please,,

  10. Pingback: Paragraf [Alinea] « ezieKIM's Blog

  11. assalam mu’alaiqum war… wib…
    pak terima kasih ea atas penjelasan bpk
    skrng saya ngerti banget belajar b.indo
    tpi saya mau kalo bapak memberi alasan dalam setiap jawabannya “KENAPA” kok jwbannya kyk gtu..
    terimakasih pak…
    wa’alaiqum salam war.. wib…

  12. Mr, maaf penjelasan tentang paragraf klasifikasinya mana? koq gak lengkap sih…. mohon Mr menambahkan lagi penjelasannya.. tak lupa pengertian saya mau bertanya. kalo paragraf pertentangan itu apa ya? trus contohnya bagaimana? terimakasih.

  13. hmmm………….
    bisa dilengkapi lagi gak tentang peragraf analoginya,, n kasi contohnya jangan 1 dong… 3 or 4 gitu.. sekian terima kasih

  14. terimakasih pak saya cukup jelas dan memuaskan tentang isi artikelnya,,,,,,

    lumayan lah buat UTS besok,

    semoga saya bisa ya pak !!!1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s